Senin, 09 September 2019

Download Disertasi Kontroversial Abdul Azis Tentang 'Milkul Yamin'


KABAR kontroversial datang dari Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kali Jaga dalam dua minggu ini. sepengetahuan saya hal ini bermula dari bocoran berita dalam jaringan Tempo pada Jum'at 30 Agustus 2019 yang memuat berita tentang Disertasi salah satu dosen yang mengatakan hubungan seks diluar penikahan (nonmarital) diperbolehkan namun menolak protitusi? Kemudian dihari berikutnya Tempo menulis berita Disertasi Hubungan Intim Tanpa Nikah, UIN Beri Nilai Sangat Bagus. Berita tentang kebolehan hubungan seks tanpa ikatan perkawinan dari kampus Islam Negeri Yogyakarta terus membesar dan viral di media-media sosial, khususnya Twitter dan Whatsapp. 

Ramai tema tentang kebolehan seks diluar nikah di media sosial, salah satu televisi nasional, TVONE, mengangkat tema tersebut pada acara Apa Kabar Indonesia (AKI) edisi Ahad, 1 September 2019. Lihat Videonya di sini.

Sebenarnya karya utuh Abdul Azis—Dosen Fakultas Syari’ah IAIN Surakarta—ini adalah “KonsepMilk Al-Yamin Muhammad Syahrur Sebagai Keabsahan Hubungan SeksualNon-Marital”. Bukan bermaksud mendukung atau menghakimu karya suami dari Umi Furoidah ini, berikut ini saya sajikan karya utuh beliau sesudah disidangkan (belum direvisi). Sebagai bahan obrolan, diskusi, bahan bercandaan, atau bahan apapun boleh. Karena tidak lengkap rasanya mendiskusikan karya atau gagasan tapi tidak pernah membaca secara langsung bahan yang sedang dibicarakan. Selengkapnya sila unduh di sini.

Tidak ada komentar: