Kamis, 14 Oktober 2010

Mau Meng-hack Facebook Kawan? Gampang Kok


SAYA terpaksa membocorkan rahasia ini. Jika berkenan sudilah tuan dan puan, sister and brother membacanya.

Saya sering mendengar orang mengeluh akun facebooknya atau akun jejaring sosial yang lain di-hack (kerjain) oleh orang lain (hacker). Misalnya dengan memposting kata2 tidak pantas di status yang bersangkutan. Kenapa hal ini bisa terjadi? Apakah memang orang yang meng-hack akun kalian itu orang hebat? Oh, tidak juga. Kita juga bisa kok. Tapi ini cara amatiran lho.

Begini caranya.
Yang paling dasar memulainya dari email. Alamat email banyak yg terpampang di facebook. Nah, tentu saja harus membuka password. Umumnya pengguna internet (pemula) tidak kreatif memakai kata kunci. Pasti tidak jauh2 dari dirinya. Mungkin tgl lahirnya, nama artis favoritnya, nama pacarnya, buah hatinya, nama kartun, nama klub favoritnya dsb.

Bagaimana kalau cara itu tidak bisa? Tenang saja, “Pelan-Pelan Saja.” Gunakan “Rencana B.” Jika kita salah menulis password kita akan diminta kata pengamanan yang lain. Pertanyaan pengamanan ini adalah relatif standar. Siapa nama hewan kesayanganmu? Nama guru, paman, makanan dsb. Sekali lagi jawabannya tidak jauh2 dari data pribadinya. Lihat saja di profilnya. Itulah cara mudah bagi pemula untuk (meng-hack).

Ada juga dengan cara phishing, yakni dengan membuat situs halaman palsu. Ketika mau masuk web palsu tersebut pengguna diminta memasukkan email juga passwordnya. Dari jebakan itulah kita mendapatkan password dengan mudah. Pelajaran yang ini nanti dulu.

===

Bagi pemula yang tak mau dikerjain, kreatiflah membuat kata kunci. Misal dengan menggabungkan huruf kecil dan kapital, angka dan atau tanda baca. Dan jangan gunakan password yang berkaitan dgn pribadi kita.

Kemudian jika memakai jasa warnet, hapuslah history browsernya. Termasuk cookies-nya jika memakai hp orang lain. Dan pastikan facebook benar2 tertutup dengan meng-klik sign out (keluar), jangan hanya menutup pc atau hp-nya. Terakhir, jangan meng-klik link yang tidak jelas. []

Tidak ada komentar: