Sabtu, 27 Maret 2010

Tetaplah Bekerja Meskipun dalam Keputusasaan


WAKTUNYA sudah berlalu sekian tahun yang lalu. Saya membaca sebuah buku kecil disiang hari. Saya baru saja pulang ke rumah setelah pertemuan dengan teman-teman se-kampus. Ada sebuah tulisan pendek karena memang berupa penggalan kalimat yang pernah diucapkan (mungkin filosof, pemikir atau orang besar yang cukup berpengaruh). Kalimat dalam buku itu kira-kira berbunyi "Janganlah sekali-kali berputus asa, " demikian Edmund Burke berkata, "tetapi jika tetap saja kamu berputus asa, tetaplah bekerja meskipun dalam keputusasaan."


Saya tidak pernah tahu apa yang melatarbelakangi Burke mengucapkan kalimat itu. Tapi ada kesimpulan sederhana yang dapat saya tangkap dari kalimat tersebut. Burke sedang memberikan motivasi besar bagi kita untuk berbuat sesuatu, meskipun barangkali kita masih meragukan apa yang kita perbuat. Apakah yang kita lakukan kemudian hari menghasilkan sesuatu yang baik atau tidak. Apakah berhasil atau tidak. Tapi yang jelas kita dituntut untuk melakukannya dahulu, soal hasil itu adalah persoalan nanti.

Ada kalanya kita acap kali bimbang dalam memilih, juga melakukan sesuatu. Hal yang sama juga sering saya lakukan. Saya sering berbuat sesuatu dalam ketidakyakinan atau keputusasaan. Terkadang saya ragu atas aktivitas saya, apakah bermanfaat atau tidak. Apakah berhasil atau tidak. Tetapi saya berkeyakinan bahwa apa yang saya lakukan akibat yang "pasti." Persoalan apakah hasilnya sesuai dengan harapan saya atau tidak itu wilayah lain. Yang pasti jika saya tidak berbuat, niscaya tiada hasil, kecuali akibat (hasil) yang tidak bisa diharapkan. Wallahu a'lam.

Tidak ada komentar: